Batik Story
 

Seni Membatik

Tidak hanya satu saja metode yang digunakaan dalam pembuatan batik. Metode-metode tradisional ini digunakan untuk membuat batik berkualitas tinggi. Mari kita ketahui bersama!

Batik yang kini lebih modern tanpa menghilangkan sisi artistik dan akar tradisionalnya, semakin mendapat tempat di hati para pecintanya. Batik mampu memenuhi tantangan dan terus, bahkan semakin, eksis selama beberapa dekade terakhir. Oleh karena itu, Danar Hadi selalu konsisten dalam menciptakan batik eksklusif yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan serta usia. Rancangan dengan kreativitas tidak terbatas ini dibuat oleh para pengrajin yang terampil dan mementingkan setiap detil yang dihadirkan dalam setiap karyanya. Danar Hadi selalu menghadirkan desain yang merupakan perpaduan kebudayaan adiluhung Indonesia dan tren modern yang selalu berkembang.

 
 
 
 

Proses Membuat Batik

Tentu setiap batik sempurna yang dihasilkan Danar Hadi sudah melalui proses yang cukup panjang hingga tiba di tangan pelanggan. Kerja keras, kreativitas tinggi, dan konsistensi hadir dalam setiap potong batik berkualitas yang diproduksi Danar Hadi. Batik dikerjakan dengan dua jenis proses, yakni batik cap dan batik tulis. Perbedaannya terletak pada alat pengerjaan (canthing atau cap), bahan dan waktu pengerjaan.

 

MBATHIK

Setelah kain katun halus atau kain mori melalui proses penggambaran motif, desain batik mulai diisi dengan lilin menggunakan alat canthing tulis. Proses ini dinamakan Mbathik singkatan dari Amba dan Titik.


NEMBOK

Menutupi beberapa bagian desain yang harus tetap berwarna putih memakai lilin khusus batik

 

MEDEL

Mencelup kain yang telah didesain dan dilapisi lilin ke pewarna yang sudah disiapkan


NGEROK DAN NGGIRAH

Membersihkan lilin dari beberapa bagian desain yang akan diaplikasikan warna lainnya

 

MBIRONI

Melapisi bagian yang diharuskan bewarna tertentu dan mengisi desain yang masih kosong

 

NYOGA

Mencelupkan kain pada warna yang diinginkan


NGLOROD

Menghilangkan semua lilin yang terdapat pada kain batik dengan air panas. Ini merupakan langkah terakhir dalam membuat batik secara tradisional